CPL Prodi

Ada 4 (empat) kompetensi yang perlu dicapai oleh mahasiswa, yakni kompetensi sikap, pengetahuan dan keilmuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.

A. Sikap

CPL pada aspek sikap mencakup:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada warga negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
  12. Menunjukkan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini.
  13. Mempunyai kecerdasan interpersonal dan intrapersonal.
  14. Mampu beradaptasi di seluruh wilayah Indonesia dengan keberagamannya.
  15. Mampu meningkatkan kesadaran dan kualitas penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di masyarakat.

B. Pengetahuan dan Keilmuan

CPL pada aspek pengetahuan dan keilmuan mencakup:

  1. 1.   Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, sosiologis, dan pedagogik PAUD.
  2.  ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada anak usia dini berbasis penelitian dan pengembangan.
  3.  merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi perkembangan di lembaga PAUD.
  • Keterampilan Umum

CPL pada aspek keterampilan umum mencakup:

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  2. Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berpikir kritis.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu  mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang PAUD berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu  memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi, evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaannya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu menjadi guru PAUD yang professional dengan standar mutu pendidikan nasional dan kebutuhan pembangunan nasional.
  11. Mampu menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik dan mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

C. Keterampilan Khusus

CPL pada aspek keterampilan khusus mencakup:

  1. Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai  budaya bangsa.
  2. Mampu mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini.
  3. Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, seni rupa.
  4. Mampu mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD.
  5. Memiliki kemampuan untuk menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat.
  6. Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD.
  7. Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
  8. Mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif.
  9. Mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya.
  10. Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
  11. Melakukan asesmen perkembangan anak usia dini
  12. Mampu melakukan pendampingan kepada orang tua maupun anak usia dini. KK.
  13. Mampu menyusun, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi biaya

      penyelenggaraan PAUD